TUGAS 2 WEB DESAIN

00.18


Ini adalah tugas Web Desain/Tugas yang ke 2 dengan 2 pertanyaan yang mesti dijawab dan diposting dimasing-masing website personal:




Diposting pada masing-masing personal website: 

1.      Jelaskan kriteria good design dan bad design pada website dan berikan contohnya ?

2.   Analisis dan temukan pola yang ada di setiap kategori situs web pariwisata, Company profile, pemerintahan, dan edukasi ?
       Jawaban: 
1  1. Ciri – Ciri/kriteria Desain Web yang Bagus dan Balk atau good design and bad design.

  • KUALITAS KONTEN WEB
Alasan utama pengguna internet menggunakan mesin pencan dan menelurusi situs web adalah mencari informasi. Kita membutuhkan informasi setiap han, dan menginginkan informasi tersebut dapat diterima dengan cepat dan nyaman. Baik sebagai hiburan, kegemaran, ataupun pengajaran. Konten yang berkualitas adalah hal yang paling dicari di setiap situs yang kita kunjungi, Hal ini merupakan suatu keharusan yang dimiliki oleh setiap situs web, terutama jika optimasi mesin pencan digunakan sebagai bagian dan strategi pemasaran perusahaan.Untuk situs web bisnis, konten sebaiknya mengandung informasi penting yang disusun dengan suatu bentuk yang berhubungan dengan bisnis perusahaan. Situs retail, misalnya, akan memerlukan foto-foto produknya dengan kualitas tinggi, sementara perusahaan konsultan akan lebih menyoroti testimoni klien mereka. Praktek terbaik dalam optimasi mesin pencari adalah dengan memastikan juga konten yang paling relevan tampil menonjol di halaman web.
  • NAVIGASI YANG JELAS DAN MUDAH DIGUNAKAN
Sebuah desain web ‘juara’ wajib memiliki skema navigasi yang jelas yang memungkinkan pengunjung dapat dengan cepat menemukan informasi yang mereka perlukan.Tautan-tautan penting harus mudah ditemukan dan diberi tambahan informasi sederhana, padat, dan mudah dipahami. Area interaktif ditempatkan pada spot menyolok dalam skema navigasi. Bila terdapat konten dengan jumlah besar, maka tersedianya kotak pencarian sangat disarankan agar halaman spesifik di dalam situs dapat dengan cepat dituju.
  • DESAIN SEDERHANA DAN PROFESIONAL
Suara seperti lonceng atau peluit mungkin tampak bagus pada awal konsep, namun hal tersebut jarang sekali memberikan filai lebih bagi desain web yang wajar dan terkonstruksi apik. Umumnya, hal terbaik yang dapat dilakukan oleh sebuah situs web adalah mengubah secara efektif seorang pengunjung menjadi pelanggan. Maka perhatikan tata letak agar menarik, namun usahakan tetap sederhana namun jelas. Google adalah salah satu contoh yang menarik. Sebenarnya, desain awal Google belum seperti sekarang, namun mereka terus menerus menyederhanakan desainnya. Maka untuk menjaga antarmuka tetap sederhana dan mencegah dihadirkannya halaman konstruksi, Google menambahkan tombol ‘Saya Merasa Beruntung’ di bawah kotak pencariannya.
Terlepas dan kenyataan bahwa hampir tak ada yang meng-klik, penambahan tombol ini membuat tata letak menjadi lebih seimbang dan menawarkan pengalaman pengguna yang lebih baik. Untuk menjaga sebuah situs web tetap sederhana tanpa membuatnya tenlihat hambar seperti Google di atas, distribusi seimbang antara konten dan gratis harus diperhatikan, Dan penggunaan jenis font yang jelas dan berwarna sedikit kontras merupakan kuncinya. Warna yang tajam dan terlalu kontras serta ukuran font yang sulit untuk dibaca akan membuat mata pengunjung mudah lelah. Juga, uraian teks yang panjang harus diatur sedemikian rupa agar nyaman terbaca dengan cara membagi-bagi seluruh bagiannya dengan penggunaan gambar atau area kosong.
  • KECEPATAN HALAMAN WEB
Ketidaksabaran adalah sifat alami manusia, dan hal ¡ni akan sangat berlaku ketika seseorang mengunjungi sebuah situs web. Semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk memuat halaman sebuah web, maka semakin besar kemungkinan seseorang akan meninggalkannya sebelum halaman tersebut sepenuhnya tampil.  Grafis yang indah dan konten penting akan menjadi sia-sia bila kecepatan kecepatan menghambat konten tersaji dengan cepat. Kecepatan situs web dipengaruhi oleh beberapa faktor, sebagian di antaranya adalah kecepatan server, banyaknya grafis, lalu lintas pengunjung, dlsb. Perancang web wajib meminimalkan faktor-faktor terkendali yang dapat mengakibatkan lambatnya kecepatan situs web, dengan memilih layanan hosting yang dapat dihandalkan, kode web yang benar, dan ukuran berkas grafis yang optimal.
  • OPTIMISASI MESIN PENCARI (S.E.0.)
Sebuah situs web yang dirancang dengan balk umumnya akan memperoleh banyak pengunjung, namun ada metoda lain untuk menarik pengunjung,  yaitu dengan penggunaan Optimisasi Mesin Pencari. Cara ini meng haruskan kita menyisipkan kata-kata kunci pencarian di dalam konten web, profil tautan yang benar, sinyal media sosial, dan lebih dan 200 faktor Iainnya.
  • KOMPATIBILITAS WEB
Beragamnya browser dan platform saat ini merupakan tantangan bagi perancang situs web, 
namun yang berbakat dan berpengalaman pasti telah terbiasa menangani hal-hal tersebut. Sebuah situs web harus dapat dengan mudah ditampilkan di beragam resolusi, ukuran layar, dan browser. Terlebih dengan terus meningkatnya popularitas perangkat mobile, situs web harus berfungsi dengan baik pada perangkat ini.




contohnya:  Good Design
1. WWW.THIBAUD.BE/ STYLE02
Mengapa?
1. Desain simple. Tapi interaktif.

2. Menu yang ditampilkan tidak berlebihan
3. Fungsi website jelas, yaitu portofolio designernya.

2.  WWW.BAGIGIA.COM
Mengapa?
1. Desain web tidak berlebihan.
2. Sudah mencakup semua informasi produk dari merk tersebut.
3. Produk berbentuk 3D. Sehingga pelanggan dapat menilai dengan jelas kualitas produk.



3. WWW.ALEXBUGA.COM/V9/WELCOME
Mengapa?
1. Menu-menu dibuat lebih unik. Dimasukkan ke dalam
rak-rak. Terkesan lebih rapi.
2. Desain lebih interaktif.
3. Desain terlihat 



Bad Design

1. WWW.PENNYJUICE.COM

Mengapa?
1.Desain terlalu kaku.
2.Penggunaan warna terlalu mencolok.
3.Background dengan warna table terlalu ramai.
4.Menu informasi tentang web tersebut kurang.sama sekali



 


2. WWW.THEKENNEDYS.NL

Mengapa?
1. Terlalu banyak gambar di background.
2. Untuk user yang baru tahu, akan merasa bingung icon mana yang mempunyai link.
3. Harus mencari satu-satu icon yang ada di website.





 2.  Analisis Pola Website : Web Pariwisata, Company Profile dan Edukasi 

Website adalah kumpulan dari satu atau lebih halaman yang saling berkaitan, di dalamnya berisi informasi termasuk konten multimedia.

Sebuah website diidentifikasikan dengan nama domain dan dipublikasikan pada setidaknya sebuah web server. Sebuah website bisa diakses melalui jaringan IP publik, seperti Internet, atau jaringan lokal (LAN), dengan menggunakan Uniform Resource Locator (URL) sebagai alamat referensinya.

Dari bentuk dasarnya, website dibagi menjadi dua, yaitu website statis dan website dinamis sementara dari fungsinya website dibagi menjadi beberapa jenis:

  1. Company Profile
  2. E-Commerce
  3. Archive
  4. Dating
  5. Government
  6. Personal
  7. Entertainment
  8. News Portal
  9. Blog
  10. Community
  11. Educational
  12. Search Engine
  13. Gallery
  14. Social Media
  15. Social Bookmarking
  16. Social News

Dari klasifikasi jenis website menurut fungsinya yang sudah disebutkan sebelumnya, saya akan mencoba menganalisis dan mencari tahu perbeda pola web pariwisata, company profile dan web edukasi.


1. Situs Web Pariwisata
Website ini biasanya berisi tentang informasi pariwisata yang bersifat entertainment(hiburan). Biasanya berfungsi untuk mempromosikan sesuatau atau lebih kepada kebudayaan setempat.













Ini adalah tampilan halaman website pariwisata dari kota Yogyakarta dan Kabupaten Bantul. Untuk tampilan keduanya memiliki pola yang hampir serupa yaitu dengan :
  1. logo pariwisata disebelah kiri atas
  2. Nama website berada di tengah atas
  3. Menampilkan foto utama pada halaman website dinas pariwisata kota Yogyakarta sedangkan halaman website Dinas Pariwisata Kabupaten bantul menampilkan artikel-artikel.
  4. Adanya navigasi menuju halaman lainnya 
  5. Menampilkan widget untuk masuk ke galeri dan informasi
  6. Dilengkapi dengan contact serta akses media sosial
     2. Situs Web Company Profile
Company profile merupakan website sederhana yang tentu saja statis, biasanya dibuat oleh perusahaan untuk menampilkan informasi bisnis mereka seperti produk atau jasa, visi misi, dan halaman kontak.
Biasanya, website company profile lebih fokus kepada desain tampilan website yang menawan namun informasi yang dibutuhkan pengunjung tetap ditampilkan dengan jelas.





 https://www.sophos.com/en-us.aspx dan http://swlabs.co/demo/?theme=exploore-wp


Ini adalah dua contoh tampilan halaman website company profile. Untuk tampilan keduanya memiliki pola yang serupa yaitu dengan :
  1. logo brand shopos berada di samping kiri atas sedangkan Exploore di tengah atas seperti pada umumnya. 
  2. Menampilkan Halaman depan web pada umumnya disertai Tab atau sub judul artikel yang dapat berubah setiap ada pembaharuan produk atau promosi

    3. Situs Web Edukasi
     Website pendidikan sebagai sarana personalisasi hubungan antara pusat dan komunitas pendidikan (murid/mahasiswa) agar dapat saling berkomunikasi dan menyebarkan informasi berkaitan dengan pendidikan secara luas.

https://www.ubm.ac.id/

https://binusmaya.binus.ac.id/newDefault/login.html

            Ini adalah dua contoh tampilan halaman website edukasi. Tampilan keduanya memiliki  pola yang serupa yaitu dengan :
  1.      logo kampus berada di bagian kiri atas
  2.      Menampilkan slide foto-foto yang dapat berubah setiap ada pembaharuan informasi  kampus.
  3.      Ada portal mahasiswa dan dosen khusus untuk yang menjadi anggota di kampus tersebut. 
  •         Kesimpulannya
            Ketiga website tersebut merupakan situs web yang menampilkan halaman dengan informasi yang dapat berubah sewaktu-waktu. Website-website ini termasuk bersifat statis yang hanya dapat diubah oleh webmaster atau developer yang bisa melakukan update pada konten website statis.







You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Flickr Images